Dr. Rainhard Oliver H. W, S.S., M.Pd sebagai narasumber (kiri) dan Ahmad Kurnia, S.Pd., M.M sebagai moderator (kanan)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STBA JIA merupakan divisi yang bekerja dalam merencanakan dan menggerakan program-program yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu program yang dilaksanakan adalah mengadakan seminar yang berupa workshop maupun public lecture yang diadakan rutin setiap tahun. Pada tahun ajar 2018/2019 salah satu program yang diadakan pada tanggal 15 Oktober 2018 yang lalu.

LPPM STBA JIA bekerja dalam menyajikan seminar dan public lecture dengan tema yang berhubungan dengan kajian bahasa asing. Termasuk diantaranya kajian tentang linguistik, sastra dan budaya, maupun pengajaran dan pembelajaran bahasa asing. Salah satu yang menjadi tema public lecture Oktober 2018 adalah pembelajaran bahasa asing. Dalam public lecture ini yang menjadi pembicara merupakan Ketua Program Studi Sastra Jepang STBA JIA yaitu Dr. Rainhard Oliver H.W., S.S., M.Pd yang menjelaskan mengenai “Strategi Pembelajaran Bahasa Asing”. Dalam pembelajaran bahasa asing tentu ada 4 keterampilan berbahasa yang harus dikuasai, diantaranya adalah membaca, menyimak, berbicara, dan menulis. Tentunya public lecture dengan tema strategi pembelajaran bahasa diharapkan dapat memberi manfaat bagi pembelajar bahasa asing khususnya mahasiswa STBA JIA.

 

Peserta Public Lecture “Strategi Pembelajaran Bahasa Asing”

Peserta dari public lecture ini berjumlah sekitar ±300 orang yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari Program Studi Sastra Inggris dan Sastra Jepang. Dapat disimpulkan bahwa antusias mahasiswa dan mahasiswi STBA JIA terhadap pelaksanaan public lecture cukup tinggi. Dengan demikian LPPM STBA JIA akan menyelenggarakan seminar dan public lecture dengan tema yang berbeda sebagai cara untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya mahasiswa dan mahasiswi STBA JIA.

Isi buku tamu

Sejak Juni 2000 telah didirikan Sekolah Tinggi Bahasa Asing JIA (SK Mendiknas : 90/D/O/2000). Semua Program Studi yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang baik Diploma Tiga (D3) dan Strata Satu (S1) telah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan peringkat Sangat Baik.

Go to top