Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tri-dharma perguruan tinggi yang rutin dilaksanakan, dan dalam kegiatannya pasti bertemakan suatu pelatihan atau penyuluhan yang dianggap bermanfaat bagi masyarakat. Pada semester ganjil tahun ajaran 2021-2022 prodi Bahasa Jepang juga melaksanakan PKM yang bertemakan : PELATIHAN PEMBUATAN TAS SERUT ALA JEPANG (KINCHAKU BUKURO). Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2021 dan bertempat di aula lantai 4 STBA JIA Bekasi, dengan mengundang peserta yaitu masyarakat muda yang bertempat tinggal di Rawa Semut Bekasi.

Pemateri dan Peserta sedang membuat tas rajut


Latar belakang pemilihan tema tersebut adalah untuk memperkenalkan salah satu budaya Jepang yang berkaitan dengan lingkungan. Guna mangatasi masalah sampah plastik di Indonesia, pada saat ini masyarakat dihimbau untuk membawa tas kantong sendiri pada saat berbelanja atau kita kenal dengan istilah eco-bag. Masyarakat tentu lebih familiar dengan istilah eco-bag, adapula kinchaku bukuro (tas serut ala Jepang) yang dapat berfungsi sebagai eco-bag pengganti kantung plastik. Biasanya kinchaku bukuro digunakan pada saat mengenakan yukata. Namun tidak hanya itu, sampai saat ini kinchaku bukuro masih digunakan dalam kegiatan sehari-hari, misalnya pada saat membawa benda-benda yang kecil. Kinchaku bukuro adalah tas kantong kecil yang terbuat dari bahan kain khususnya kain berbahan katun dengan motif dan warna-warna cantik

Peserta memperlihatkan hasil karyanya


Pada pelatihan ini terdapat sesi pemberian materi oleh salah satu dosen prodi bahasa Jepang yaitu Rahayu Aprilianti, SS., M.Pd., dan setelahnya ada sesi praktek membuat kinchaku bukuro bersama beberapa dosen lainnya diantaranya yaitu Aam Hamidah, M.Pd., Elli Rahmawati Zulaeha, S.Pd., M.Si., Rosi Novisa Syarani, M.Pd. Peserta mendapat pengetahuan tentang bagaimana cara membuat tas serut ala Jepang (kinchaku bukuro) dengan menggunakan jahitan tangan. Selain itu juga, salah satu manfaat dari kegiatan ini dapat menjadi salah satu ide atau pemikiran bagi para peserta yang ingin mencoba untuk berniaga. Jika kita bisa memiliki keterampilan khusus, maka kita bisa memanfaatkan keterampilan tersebut untuk diri sendiri maupun orang lain. Pada pelatihan ini, STBA JIA ingin memperkenalkan budaya Jepang khususnya tentang pembuatan dan kegunaan kinchaku bukuro kepada masyarakat. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat menambah pengetahuan peserta tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.

Foto Session Para Peserta dan Pemateri setelah acara selesai