Anggiarini Arianto, S.S.,  M.Hum sebagai narasumber (kiri)  dan Elli Rahmawati Zulaeha, S.Pd, M.Si sebagai moderator (kanan)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STBA JIA merupakan lembaga  yang bekerja dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program yang berhubungan dengan penelitian dan pengabdian masyarakat. Salah satu program yang  rutin setiap tahun adalah public lecture. Pada tahun ajar 2019/2020 program public lecture, diadakan pada tanggal 16 November 2019.

LPPM STBA JIA menyelenggarakan seminar dan public lecture dengan berbagai kajian di antaranya adalah linguistik, sastra, dan budaya.  Dalam kajian linguistik terdapat dua kajian utama yaitu linguistik murni dan linguistik terapan. Tema yang diangkat pada public lecture November 2019 ini merupakan cabang ilmu dari kajian linguistik terapan yaitu penerjemahan.  Dalam public lecture ini yang menjadi pembicara merupakan Ketua Program Studi Sastra Jepang STBA JIA Bekasi yaitu Anggiarini Arianto, S.S., M.Hum yang menyajikan tema kuliah umum mengenai “Ideologi Penerjemahan”.

Ideologi dalam penerjemahan adalah prinsip atau atau keyakinan tentang “betul-salah” atau “baik-buruk” dalan penerjemahan (Hoed, 2006). Terdapat beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi agar sebuah terjemahan dapat dikatakan “betul”, “berterima”, dan “baik”. Venuti (1995) mengusulan dua ideologi yang mengarah pada dua kutub yang berbeda. Ideologi yang berorientasi pada bahasa sasaran dan ideologi yang berorientasi pada bahasa sumber.

Dalam ideologi penerjemahan terdapat beberapa strategi penerjemahan yaitu Pengasingan (Foreignizing Ideology) dan Domestikasi (Domestication Ideology). Prinsip dasar penerjemahan yang ingin disampaikan adalah bahwa tidak ada terjemahan yang “baik atau buruk” juga “benar atau salah”, namun bagaimana seorang penerjemah dapat membuat terjemahan yang tepat dan cocok bagi pembaca. Oleh karena itu, public lecture kali ini mengusung tema “Ideologi Penerjemahan” yang diharapkan dapat memberi manfaat bagi pembelajar bahasa asing khususnya mahasiswa STBA JIA Bekasi.

 

Peserta Public Lecture “Strategi Pembelajaran Bahasa Asing”

Peserta dari public lecture ini berjumlah sekitar 300 orang yang merupakan mahasiswa dan mahasiswi dari jurusan sastra Inggris dan sastra Jepang. Dapat disimpulkan bahwa antusias mahasiswa dan mahasiswi STBA JIA BEKASI terhadap pelaksanaan public lecture cukup tinggi.