Sejarah

LATAR BELAKANG

Ditengah pergaulan masyarakat tanpa batas, perkembangan dunia bisnis yang semakin mengglobal, kemampuan untuk berkomunikasi dalam wacana yang sama merupakan prasyarat yang tidak dapat dielakkan. Melalui Program Studi Bahasa dan Sastra STBA JIA yang didukung oleh dosen yang khusus didatangkan dari luar negeri, Anda berkesempatan untuk mempelajari keterampilan bahasa asing serta budayanya, sekaligus melatih kemampuan berfikir analitis dan logis.

STBA JIA berusaha mencetak sarjana sastra dan diploma bahasa yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang komunikasi. Salah satu cara untuk dapat berkomunikasi secara efektif efisien dalam pergaulan Internasional yaitu dengan menguasai bahasa asing, memahami budaya asing, memahami karakteristik industri negara asing dan keahlian kewilayahan negara.

SEKOLAH TINGGI BAHASA ASING JIA

Sejak Juni 2000 telah didirikan STBA JIA (SK Mendiknas : 90/D/O/2000). Semua Program Studi telah terakreditasi oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dengan peringkat Sangat Baik.

STBA JIA menyajikan empat Program Studi yakni S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, D3 Bahasa Inggris dan D3 Bahasa Jepang. Didukung fasilitas penunjang belajar - mengajar seperti : Laboratorium Bahasa dan Laboratorium Komputer, Perpustakaan dan peralatan Audio Visual, serta Self Acces Learning Center Atmosphere (SALCA), yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melatih keterampilan berbahasa secara mandiri.

YAYASAN PENDIDIKAN JIA

Didirikan pada tanggal 17 Agustus 1995.

  • Akta Pendirian No. 13 tahun 1999
  • Akta Perubahan Terakhir No. 04 tahun 2019
  • Terdaftar Kemenkumham No. AHU-AH.01.06-0015958 tahun 2019
  • Ketua : Hj. Titi Melati